MENU

Senin, 16 April 2012

Manusia dan penderitaan


Penderitaan

            Penderitaan berasal dari kata derita yang berasal dari bahasa sansakerta dhra artinya menahan atau menanggung. yang dimaksud menahan disini yaitu menahan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan akan dialami oleh semua orang  karna itu merupakan resiko kehidupan. Penderitaan sifatnya relatif. Karena sesuatu yang dianggap seseorang sebagai penderitaan belum tentu dianggap penderitaan pula oleh yang lainnya. 


  • Siksaan

Siksaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu siksaan badan atau jasmani , dan dapat  juga berupa siksaan yang dialami seseorang.

Siksaan yang dialami manusia banyak dapat dilihat di media massa. 
Siksaan yang sifatnya psikis diantaranya merupakan kebimbangan, kesepian, dan ketakutan.

  • Kekalutan Mental

Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat diartikan sebagai gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan sehingga menyebabkan perilaku yang kurang wajar.


  • Tahapan gangguan kejiwaan adalah

a. Gangguan nampak dalam gejala kehidupan, pada jasmani maupun rohani
b. Usahan mempertahankan diri dengan cara yang salah. Beda halnya dengan orang yang tidak menderita gangguan jiwa, yang memecahkan masalahnya dengan segera.
c. Kekalutan merupakan mental breakdown dan yang bersangkutan memiliki gangguan
Beberapa sebab terjadinya kekalutan mental :
a. kepribadian yang lemah
b. terjadinya konflik sosial budaya
c. cara oematangan batin yang salah.

  • Penderitaan dan Perjuangan

            Penderitaan adalah bagian kehidupan yang bersifat kodrati sehingga pasti dialami oleh setiap manusia. Penderitaan merupakan konsekwensi manusia hidup yang tidak hanya untuk bahagia, tapi juga untuk menderita.
Pembebasan dari penderitaan pada hakikatnya merupakan upaya untuk mempertahankan kehidupan. Caranya yaitu dengan berjuang menghadapi tantangan kehidupan





  • Penderitaan dan Sebab-sebabnya

JIka kita kelompokan secara lebih sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia diperinci sebagai berikut :
a. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
    yang diakibatkan oleh hubungan yang buruk sesama manusia, misalnya dengan  pertengkaran fisik

b. Penderitaan karena adzab Tuhan yaitu penderitaan yang disebabkan oleh adzab   Tuhan sebagai balasan atas apa yang telah kita lakukan. Karena apa yang kita lakukan akan berpulang kepada diri kita.


  • Pengaruh Penderitaan

Orang yang mengalami mengalami penderitaan mungkin akan mengalami beberapa hal dalam hidupnya. Dapat berpengaruh positif misalnya dengan menambah semangatnya, atau lebih berfikir sebelum bertindak, atau justru sebaliknya, dapat menimbulkan hal yang berdampak negatif, misalnya keputus asaan, kekecewaan, dan kebencian terhadap hidupnya.

Pendapat saya :
Manusia harus menahan sesuatu yang tidak menyenangkan. Supaya kita bisa menjalani hidup dengan baik dan benar sehingga dapat berfikir positif dalam mengambil kesimpulan dari penderitaan yang dialami oleh seseorang .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar