MENU

Kamis, 22 November 2012

tugas manajemen & SIM 1 minimarket alfamart




BAB I
PENDAHULAN


Perkembangan industry bisnis di Indonesia begitu sangat pesat can cepat, namun tidak seiring informasi yang menunjang, sangat sulit mencari informasi perkembangan bisnis di dunia maya/internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya dapat di cari di internet kebanyakan tidak ada hubungannya dengan informasi yang kita cari bisnis menengah secara umum adalah kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa dan bersentuhan langsung kepada konsumen dalam praktik usaha bisnis moden saat ini tidak tertutup kemungkinan banyak pengever kecil membeli di gerai agen-agen, mengingat perbedaan harga yang muncul pada waktu-waktu promosi tertentu yang dilakukan oleh usahas besar. Bisnis usaha di Indonesia secara umum dapay diklasifikasikan menjadi dua yaitu bisnis modern dan tradisional.

                Usaha modern sebenarnya merupakan pengembangan dari usaha kecil tradisional, yang para praktiknya mengaplikasikan konsep yang  modern, pemanfaatan teknologi dan akomodasi perkembangan gaya hidup dimasyarakat  sehari-hari. Semakin banyak perusahaan menawarkan produk barang dan jasa maka konsumen memiliki pilihan yang banyak, dengan demikian kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar . perusahaan harus mengetahui apa kebutuhan tersebut hasil pemasaran suatu perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk maju dan mundurnya perushaan.

                Harapanya pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar menentukan kualitas produk dan kepuasaan pellanggan,penelitian ini memilih alfamart sebagai obyek penelitian karena konsep  perdagangan eceran yang diciptakan oleh alfamart yang dirancang untuk memuaskan para konsumen ditambah dengan fasilitas-fasilitas pelengkap seperti tenant,parker gratis bahkan adanya diskon berbelanja dengan menggunakan kartu aku,maka alfamart benar-benar merupakan suatu alternative tempat berbelanja keluarga,alfamart memulai sejarahnya berdiri sebagai perusahaan dagang produk DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikan  dijual kepada PT.SAMPOERNA pada desember 1989. struktur kepemilikan  berubah menjadi 70%,PT SAMPOERNA tbk dan 30% PT.SIGMANTARA ALFINDO(keluarga DJOKO SUSANTO) alfamart pertama mulai beroperasi  di jl.beringin jaya ,karawaci,tangerang.banten,jumlah alfamart bertumbuh pesat hingga mei 2011, jumlah gerai alfa sebanyak 4000unit gerai,jumlah gerai sebelumnya menargetkan bias membuka 600gerai.hingga tahun lalu,jumlah gerai mereka sebanyak 3.373 alfa akan mengembangkan pembukaan di beberapa wilayah Indonesia timur.


Menurut suryamojo(2006) dalam keyataanya koperasi pegawai yang belum mampu mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan,apalagi untuk dapat bersaing  dengan pelaku usaha yang lain. Berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah dan berkembang koperasi misalnya:kualitas keangotaan,peluang usaha serta memecahkan masalah yang muncul,sehingga pengelolaan koperasi tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan para anggotanya maupun kebutuhan sekitarnya.masih senatiasa berusaha  meningkatkan kualitas pelayanan kepada paraangotanya sebagai konsumen.dengan melakukkan strategi pemasaran yang baik serta mempelajari beragam karakteristik perilaku konsumen. 
 


LATAR BELAKANG

Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer ,sekunder selebihnya semacam supermarket dan hypermart .tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat untuk mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengat melakukan riset setidaknya kami mengamati, melihat mempelajari ,memperhatikan walaupun sekedarnya,dan memperaktekan system-system yang ada.

1.2 metode penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran langsung kesuatu perusahan suatu cabang alfamart,metode pengumpulan makalah ini dari websait alfamart,dan situs-situs di internet seperti google.com.menurut penulis dari ketiga itu sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan suatu makalah.

1.3  Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan penulis ini adalah agar bias bermanfaat bagi penulis dan pembaca dengan adanya tugas riset ke instansi kepihak swasta diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat selesai study nanti serta dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang setidak nya untuk kami ataupun rekan-rekan kami.ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan kesempatan untuk melakukkan riset pembelajaran kami di perusahaan swasta.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil perusahaan

Data tentang perusahan adalah data yang didapat pada saat data tersebut terdapat dari suatu perusahaan yang belum dikelola.

Data yang dikelolah adalah data yang  masuk kedalam subsistem dan sudah dikelolah dengan mengunakan system database. Maka dapat mengelolah dan membangun dengan suatu usaha menengah yang sedang penulis proses dan membuat suatu cabang-cabang di daerah lingkungan sekitar anda,dan perusahan mengunakan database basic untuk mengetahui program harga yang diberikan kepada konsumen dan memberikan pelayanan kebutuhan sehari –hari yang baik dalam menangani sebuah pelayanan konsumen yang ada diusaha kami(alfamart) ini.

Manfaat bagi konsumen:
Ø Memberikan pelayanaan yang baik
Ø Memberikan kebutuhan sehari hari dan memberikan harga yang pas.
Ø Memberikan harga puas dan paz.
 



Analisa perancangan program
Analisa program adalah suatu proses untuk menentukkan tindakan masa depanyang tepat melalui urutan pemilihan dengan perhitungan sumber daya yang tersedia.

Kendala perusahan serta sistemnya.
Keterlambatan karyawan tdk tepat waktu dating ke gerai toko alfamart.
System bon belanja jarang diberikan karena ketelatan memberikannya.

System informasi perusahaaan.
Lajunya pertumbuhan gerai toko alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of sales(POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.

Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir,alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode,pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.

Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusat distribusinya.kedua system dan tail gate system pada setiap distribusinya . keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.adapun pengendalian toko tersebut adalah:

1.  pengendalian persediaan
2.  pengendalian penjualan
3.  pengendalian biaya
4.  pengendalian administrasi
5.  pendapat lain-lain
6.  pengendalian lingkungan

Tool blok perusahaan
Tool blok perusahaan yang ditetapkan adalah:
1.blok input: alat untuk menerima data.
Contohnya: keyboard,mouse,scanner digital,scanner tembak dll.

2.blok output: alat yang menghasilkan keluaran.
Contoh :printer.

3.blok model :menyangkut materi pemograman,aplikasi sains yang digunakan pemograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit aplikasi bisnis untuk mengelolah data.
Contohnya:excel,pemograman visual basic 6.0 dan alfa pos.

4.blok tehnologi:tingkat tehnologi yang diperlukan system informasi termaksud pengguna internet.
Contohnya: penerimaan dan pengiriman data melalui FTP toko.

5.blok database: database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas.

6. blok control: aspek pengamanan system informasi.

Pengamatan fisik menyangkut pengamatan terhadap kebakaran,gempa bumi.contohnya: pemadam kebakaran,alarem toko,kamera cctv,mati listrik dll.

Pengamatan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus pada software dan server. contohnya: system pertahanan computer dilindungi dengan serangan virus dan paswoord pada setiap systemnya. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar