MENU

Rabu, 03 April 2013

tugas tentang konsumen

1. Apa yang dimaksud perilaku konsumen ?
menurut saya perilaku konsumen itu adalah proses seseorang berhubungan dengan pemilihan produk dan jasa yang ingin dia cari atau ingin dia beli untuk dimiliki .

 

gambar diatas adalah contoh dari seorang konsumen yang ingin membeli suatu produk di suatu swalayan , dan dia sedang memilih produk yang dia inginkan atau dia ingin membelinya .


2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?

menurut saya karena agar sebuah perusahaan atau industri agar tau produk apa saja yang sedang diminati oleh para konsumen saat ini .


3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisis perilaku konsumen ?

menurut saya ada tiga pendekatan yaitu :

-Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
-Pendekatan ke dua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. pendekatan  ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survei untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
-Pendekatan ke tiga disebut sebagai sains pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba modelmatematika berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.


4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Menurut saya faktor-faktor yang menentukan perilaku konsumen adalah :
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kebudayaan, faktor sosial, pribadi, psikologis. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
a. Faktor kebudayaan
Kebudayaan merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi, preferensi dan perilaku dari lembaga-lembaga penting lainnya.
b. Faktor sosial
Kelas sosial merupakan pembagian masyarakat yang relatif homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan yang anggotanya menganut nilai-nilai, minat, dan perilaku yang serupa.
c. Faktor pribadi
Faktor pribadi didefinisikan sebagai karakteristik psikologis seseorang yang berbeda dengan orang lain yang menyebabkan tanggapan yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan.
d. Faktor psikologis
Faktor psikologis sebagai bagian dari pengaruh lingkungan dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpa mengabaikan pengaruh dimasa lampau atau antisipasinya pada waktu yang akan datang.
kesimpulan dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ke 4 faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen, apabila salah satu faktor tersebut tidak ada pada diri konsumen maka dapat mempengaruhi perilaku konsumen pada kehidupan sehari-harinya.

5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
menurut saya dalam menyikapi masalah perilaku konsumen kita harus bisa memanfaatkan teknologi sehingga kita bisa tau produk apa saja yang sedang trend atau eksis dipasaran sehingga kita bersaing untuk lebih maju dan para konsumen bisa memilih barang atau produk yang dia cari atau dia inginkan .




Kamis, 07 Maret 2013

harga penawaran dan permintaan


PENGERTIAN PERMINTAAN
Permintaan adalah Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli oleh pembeli pada tingkat harga yang berlaku pada tempat dan waktu tertentu. Permintaan disini digolongkan menjadi beberapa yaitu:
a. Permintaan dilihat dari daya beli konsumen ada 3 yaitu:
v      Permintaan Efektif
permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang disertai dengan daya beli.
v      Permintaan Absoulut
Permintaan yang tidak didukung oleh daya beli namun Cuma oleh angan-angan.
v      Permintaan Potensial
Permintaan yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki.
b. Permintaan dari segi pendapatan
·         Permintaan konsumen adalah permintaan seluruh anggota masyarakat akan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
·         Permintaan Pengusaha adalah permintaan akan faktor-faktor produksi untuk membuat barang atau jasa.
·         Permintaan Pemerintah adalah permintaan oleh pemerintah untuk pengeluaran belanja pemerintah.
·         Permintaan luar negeri adalah permintaan barang dan jasa yang datang dari luar negeri
c. Permintaan dilihat dari jumlah pemintanya.
Permintaan Individu adalah permintaan yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
  1. Perilaku konsumen / selera konsumen, saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
  2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap,
    Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
  3. Pendapatan/penghasilan consumen, orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
  4. Perkiraan harga di masa depan barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
  5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen

PENGERTIAN PENAWARAN
penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawrkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu priode tertentu. Faktor-faktor yang menentukan tingat penawaran adalah harga jual barang yang bersangkutan, serta faktor-faktor lainya yang dapat disederhankan sebagai faaktor nonharga,.
A. Factor yng mempenaruhi penawaran
Ada beberaapa faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang, yaitu:
* harga barang itu sendiri
* harga barang lain yang terkait
* harga factor produksi
* biaya produksi
*teknologi produksi
* jumlah pedagang/penjual
*tujuan perusahaan
*kebijakan pemerintah
sumber refrensi : http://iwakbakar.wordpress.com/2012/03/22/penentuan-harga-permintaan-dan-penawaran-2/

tugas ruang lingkup ilmu ekonomi


Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
1. Arti dan masalah ilmu ekonomi: sumber daya, kelangkaan, dan pilihan
Kata ekonomi (economy) berasal dari kata Yunani yang mengandung arti “one who manages the household”. Arti ini secara literal berasal dari dua suku kata yang selama ini kita fahami, oicos dan nomos. Sedangkan ilmu ekonomi atau ekonomika atau economics adalah ilmu yang mempelajari manajemen rumah tangga tersebut. Menurut Lipsey et al. (1999) definisi ekonomika adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang masalah ekonomi. Lebih lanjut, menurut Lipsey, definisi yang cukup baik adalah menurut Alfred Marshall yang mengartikan political economy atau economics sebagai sebuah studi tentang manusia dalam urusan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain ekonomika adalah sebuah studi tentang penggunaan sumber daya yang langka (scarce) untuk memenuhi keinginan manusia (yang tidak terbatas).

Kelangkaan (scarcity) adalah masalah sentral dalam ekonomika. Dalam manajemen rumah tangga, untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, manusia berhadapan dengan sumber daya yang terbatas. Sehingga terdapat konsep pilihan (choice) dan pengorbanan (opportunity cost) sebagai konsekuensi dari kelangkaan ini. Esensinya manusia akan berhadapan dengan seni mengelola sumber daya dengan melakukan pilihan untuk mendapatkan manfaat dari suatu pilihan dan menghilangkan manfaat dari pilihan lain untukmencapai tujuannya. Untuk memahami masalah utama ilmu ekonomi ini, terdapat beberapa pertanyaan mendasar. Apakah kelangkaan adalah sesuatu yang tidak terhindarkan? Mengapa? Dan bagaimana konsekuensi logisnya berupa pilihan dan pengorbanan tersebut dapat tercipta?

Kelangkaan
Pada dasarnya, baik individu dengan jumlah sumber daya yang banyak (kaya) maupun yang miskin akan berhadapan dengan persoalan kelangkaan. Hal ini dikarenakan manusia cenderung menginginkan sesuatu lebih dari apa yang dapat dicapainya. Baik individu dengan pendapatan Rp10.000 per hari dan yang dengan pendapatan Rp1 juta perhari akan menghadapi kelangkaan dan pilihan.Lihat ilustrasi sederhana di sekitar kita. Bayangkan seorang mahasiswa biasa tingkat pertama, bisa jadi ia menginginkan untuk mengerjakan tugas ospek sekaligus tugas kuliah dengan sempurna. Namun waktu membatasinya. Atau keinginan untuk memiliki buku teks sekaligus pulsa untuk telepon selulernya. 
„Pendapatan‟ atau jatah dari orang tua membatasinya. Apabila ilustrasi ini diterapkan kepada profil 
mahasiswa anak seorang konglomerat. Pilihannya bisa jadi antara mempergunakan waktunya untuk 
.masuk kuliah secara penuh atau pergi bersama keluarga berlibur ke Disneyland. Atau antara membeli unit PC baru dengan memperbarui telepon selulernya dengan I-phone. Secara umum, manusi dibatasi oleh waktu, pendapatan, harga, dan berbagai faktor lainnya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Hal ini terjadi karena secara relatif keinginan melebihi kapasitas pemenuhannya. Konteks kelangkaan ini juga terjadi pada tingkat komunitas atau sosial. Secara mendasar sumber daya yang dihasilkan/dimilikirelatif lebih sedikit dibandingkan jumlah yang diinginkan oleh masyarakat.

Pilihan
Dari uraian tersebut, pilihan adalah konsekuensi logis dari kelangkaan. Dan sekali lagi, setiap individu akan melakukan pilihan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi dan kapasitas sumber dayanya. Namun satu hal yang sama adalah semua individu atau komunitas melakukan pilihan. Pilihan berarti mendapatkan sesuatu dan meninggalkan yang lain. Di sinilah muncul konsepsi biaya. Bahwa untuk mendapatkan manfaat dari sebuah barang atau jasa kita harus mengorbankan manfaat dari barang atau jasa lainnya. Mendapatkan suatu lebih berarti sedikit untuk sesuatu yang lain.

2. Mikroekonomi dan Makroekonomi

Mikroekonomi fokus kepada aspek harga dan kuantitas pada suatu pasar barang atau jasa, bagaimana keseimbangan dan alokasi sumber daya antar pasar terjadi. Salah satu temuan ekonom abad XVIII adalah konsep penting harga sebagai sinyal alokasi dan realokasi sumber daya dalam suatu pasar dan antar pasar yang independen. Ini yang kemudian dikenal dengan sistim alokasi sumber daya yang efisien oleh Adam Smith dengan istilah adanya „the invisible hand‟. Lebih lanjut, konsepsi harga atau lebih tepatnya harga relatif menjadi analisis sentral dalam analisis mikroekonomi. Pendalaman konsep efisiensi ini akan dilakukan pada bagian pasar dan efisiensi ekonomi.

Makroekonomi di sisi lain adalah analisis yang mengesampingkan aspek individual dan lebih menekankan agregasi atribut individual. Misalnya pasar, makroekonomi fokus ke seluruh pasar relatif terhadap satu jenis pasar saja. Apabila di dalam pasar ada individu-individu pembeli, maka kumpulan permintan pembeli dapat disebut sebagai permintaan agregat (aggregate demand). Begitu pula kumpulan penawaran dapat diistilahkan sebagai aggregate supply. Dalam pendekatan agregat, analisis makroekonomi memungkinkan untuk melihat hubungan antara rumah tangga, produsen dan agen-agen lain dalam perekonomian seperti pemerintah dan pihak luar negeri sebagai satu kesatuan aliran barang/jasa dan pendapatan. Ilustrasi hubungan tersebut dikenal dengan circular flow diagram yang merupakan elemen kunci dalam memahami konsep pendapatan agregat (aggregate income) sebagai salah satu indikator penting dalam analisis makroekonomi.



Berikut berbagai macam sistem perekonomian dan penjelasannya
  1. Sistem Perekonomian Kapitalisme, yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomiankapitalis,semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.
  2. Sistem Perekonomian Sosialisme,yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dngan campur tangan pemerintah.Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
  3. Sistem Perekonomian komunisme, adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber2x kegiatan perekonomian.Setiap orang tak boleh memiliki kekayaan pribadi. Sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah.Semua unit bisnis. mulai dari yang kecil hingga yng besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan Pemerataan Ekonomi dan kebersamaan.
  4. Sistem Ekonomi Merkantilisme, yaitu suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset& modal yang dimiliki negara.
  5. Sistem Perekonomian Fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain, dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas tentang masalah :
  1. sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi
  2. pentingnya kegiatan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.
tujuan-tujuan kebijakan ekonomi antara lain :
  1. mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat.
  2. menciptakan kestabilan harga.
  3. mengatasi pengangguran.
  4. mewujudkan distibusi pendapatan yang merata.

sumber refrensi :
http://staff.ui.ac.id/internal/060803004/material/IRuangLingkupIlmuEkonomi.pdf
http://3rest.wordpress.com/2012/03/26/ruang-lingkup-ekonomi/
http://dannu-permadi.blogspot.com/2012/05/ruang-lingkup-ekonomi.html

Kamis, 22 November 2012

tugas manajemen & SIM 1 minimarket alfamart




BAB I
PENDAHULAN


Perkembangan industry bisnis di Indonesia begitu sangat pesat can cepat, namun tidak seiring informasi yang menunjang, sangat sulit mencari informasi perkembangan bisnis di dunia maya/internet. Banyak di dunia bisnis yang infonya dapat di cari di internet kebanyakan tidak ada hubungannya dengan informasi yang kita cari bisnis menengah secara umum adalah kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa dan bersentuhan langsung kepada konsumen dalam praktik usaha bisnis moden saat ini tidak tertutup kemungkinan banyak pengever kecil membeli di gerai agen-agen, mengingat perbedaan harga yang muncul pada waktu-waktu promosi tertentu yang dilakukan oleh usahas besar. Bisnis usaha di Indonesia secara umum dapay diklasifikasikan menjadi dua yaitu bisnis modern dan tradisional.

                Usaha modern sebenarnya merupakan pengembangan dari usaha kecil tradisional, yang para praktiknya mengaplikasikan konsep yang  modern, pemanfaatan teknologi dan akomodasi perkembangan gaya hidup dimasyarakat  sehari-hari. Semakin banyak perusahaan menawarkan produk barang dan jasa maka konsumen memiliki pilihan yang banyak, dengan demikian kekuatan tawar menawar konsumen semakin besar . perusahaan harus mengetahui apa kebutuhan tersebut hasil pemasaran suatu perusahaan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk maju dan mundurnya perushaan.

                Harapanya pelanggan diyakini mempunyai peranan yang besar menentukan kualitas produk dan kepuasaan pellanggan,penelitian ini memilih alfamart sebagai obyek penelitian karena konsep  perdagangan eceran yang diciptakan oleh alfamart yang dirancang untuk memuaskan para konsumen ditambah dengan fasilitas-fasilitas pelengkap seperti tenant,parker gratis bahkan adanya diskon berbelanja dengan menggunakan kartu aku,maka alfamart benar-benar merupakan suatu alternative tempat berbelanja keluarga,alfamart memulai sejarahnya berdiri sebagai perusahaan dagang produk DJOKO SUSANTO dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikan  dijual kepada PT.SAMPOERNA pada desember 1989. struktur kepemilikan  berubah menjadi 70%,PT SAMPOERNA tbk dan 30% PT.SIGMANTARA ALFINDO(keluarga DJOKO SUSANTO) alfamart pertama mulai beroperasi  di jl.beringin jaya ,karawaci,tangerang.banten,jumlah alfamart bertumbuh pesat hingga mei 2011, jumlah gerai alfa sebanyak 4000unit gerai,jumlah gerai sebelumnya menargetkan bias membuka 600gerai.hingga tahun lalu,jumlah gerai mereka sebanyak 3.373 alfa akan mengembangkan pembukaan di beberapa wilayah Indonesia timur.


Menurut suryamojo(2006) dalam keyataanya koperasi pegawai yang belum mampu mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan,apalagi untuk dapat bersaing  dengan pelaku usaha yang lain. Berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah dan berkembang koperasi misalnya:kualitas keangotaan,peluang usaha serta memecahkan masalah yang muncul,sehingga pengelolaan koperasi tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan para anggotanya maupun kebutuhan sekitarnya.masih senatiasa berusaha  meningkatkan kualitas pelayanan kepada paraangotanya sebagai konsumen.dengan melakukkan strategi pemasaran yang baik serta mempelajari beragam karakteristik perilaku konsumen. 
 


LATAR BELAKANG

Minimarket alfa adalah usaha menengah yang diraih dengan asset yang standard tidak melewati seperti kebutuhan primer ,sekunder selebihnya semacam supermarket dan hypermart .tapi kini pertumbuhan usaha bisnis semakin pesat untuk mengetahui dan mempelajari system informasi dan memajang barang yang dijual yang berada didalamnya. Dengat melakukan riset setidaknya kami mengamati, melihat mempelajari ,memperhatikan walaupun sekedarnya,dan memperaktekan system-system yang ada.

1.2 metode penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelusuran langsung kesuatu perusahan suatu cabang alfamart,metode pengumpulan makalah ini dari websait alfamart,dan situs-situs di internet seperti google.com.menurut penulis dari ketiga itu sudah cukup untuk bahan-bahan pembuatan suatu makalah.

1.3  Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan penulis ini adalah agar bias bermanfaat bagi penulis dan pembaca dengan adanya tugas riset ke instansi kepihak swasta diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan kedalam dunia usaha pada saat selesai study nanti serta dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang setidak nya untuk kami ataupun rekan-rekan kami.ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan kesempatan untuk melakukkan riset pembelajaran kami di perusahaan swasta.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil perusahaan

Data tentang perusahan adalah data yang didapat pada saat data tersebut terdapat dari suatu perusahaan yang belum dikelola.

Data yang dikelolah adalah data yang  masuk kedalam subsistem dan sudah dikelolah dengan mengunakan system database. Maka dapat mengelolah dan membangun dengan suatu usaha menengah yang sedang penulis proses dan membuat suatu cabang-cabang di daerah lingkungan sekitar anda,dan perusahan mengunakan database basic untuk mengetahui program harga yang diberikan kepada konsumen dan memberikan pelayanan kebutuhan sehari –hari yang baik dalam menangani sebuah pelayanan konsumen yang ada diusaha kami(alfamart) ini.

Manfaat bagi konsumen:
Ø Memberikan pelayanaan yang baik
Ø Memberikan kebutuhan sehari hari dan memberikan harga yang pas.
Ø Memberikan harga puas dan paz.
 



Analisa perancangan program
Analisa program adalah suatu proses untuk menentukkan tindakan masa depanyang tepat melalui urutan pemilihan dengan perhitungan sumber daya yang tersedia.

Kendala perusahan serta sistemnya.
Keterlambatan karyawan tdk tepat waktu dating ke gerai toko alfamart.
System bon belanja jarang diberikan karena ketelatan memberikannya.

System informasi perusahaaan.
Lajunya pertumbuhan gerai toko alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of sales(POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan,persediaan,dan penerimaan barang.tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.

Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir,alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode,pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.

Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusat distribusinya.kedua system dan tail gate system pada setiap distribusinya . keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.adapun pengendalian toko tersebut adalah:

1.  pengendalian persediaan
2.  pengendalian penjualan
3.  pengendalian biaya
4.  pengendalian administrasi
5.  pendapat lain-lain
6.  pengendalian lingkungan

Tool blok perusahaan
Tool blok perusahaan yang ditetapkan adalah:
1.blok input: alat untuk menerima data.
Contohnya: keyboard,mouse,scanner digital,scanner tembak dll.

2.blok output: alat yang menghasilkan keluaran.
Contoh :printer.

3.blok model :menyangkut materi pemograman,aplikasi sains yang digunakan pemograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit aplikasi bisnis untuk mengelolah data.
Contohnya:excel,pemograman visual basic 6.0 dan alfa pos.

4.blok tehnologi:tingkat tehnologi yang diperlukan system informasi termaksud pengguna internet.
Contohnya: penerimaan dan pengiriman data melalui FTP toko.

5.blok database: database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas.

6. blok control: aspek pengamanan system informasi.

Pengamatan fisik menyangkut pengamatan terhadap kebakaran,gempa bumi.contohnya: pemadam kebakaran,alarem toko,kamera cctv,mati listrik dll.

Pengamatan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus pada software dan server. contohnya: system pertahanan computer dilindungi dengan serangan virus dan paswoord pada setiap systemnya.